Pengertian Manajemen Keuangan
PengertianManajemen Keuangan
- Pengertian Manajemen Keuangan mengalami perkembangan mulai dari
pengertian manajemen yang hanya mengutamakan aktivitas memperoleh dana
saja sampai yang mengutamakan aktivitas memperoleh dan menggunakan dana
serta pengelolaan terhadap aktiva. Manajemen Keuangan ( Finance Management) merupakan
seluruh aktifitas atau kegiatan perusahaan dalam rangka penggunaan dan
pengalokasian dana perusahaan secara efisien. Menurut George R. Terry
manajemen meliputi 4 kegiatan yang sering dikenal dengan istilah POAC
(Planning, Organizing, Actuating, Controlling)
DefinisiManajemen Keuangan
Beberapa definisi manajemen keuangan
diberikan sebagai berikut:
- Bambang Riyanto: keseluruhan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha mendapatkan dana yang diperlukan dengan biaaya yang minimal dan syarat syarat yang paling menguntungkan beserta usaha untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin.
- Suad Husnan: manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan.
- James Van Horne: segala aktivitas yang berhubungan dengan perolehan, pendanaan dan pengelolaan aktiva dengan tujuan menyeluruh.
- Grestenberg: how business are organized to acquire funds, how they acquire funds, how the use them and how the prof ts business are distributed.
- Liefman: usaha untuk menyediakan uang dan menggunakan uang untukmendapat atau memperoleh aktiva.
Manajemen Keuangan adalah suatu proses dalam kegiatan keuangan
perusahaan yang berhubungan dengan upaya
untuk mendapatkan dana perusahaan dan
meminimalkan biaya perusahaan
serta upaya pengelolaan keuangan
suatu badan usaha atau organisasi untuk
mencapai tujuan keuangan yang telah ditetapkan.
Konsep Manajemen Keuangan
Untuk menjalankan fungsinya, suatu perusahaan harus
menjalankan fungsinya secara baik, karena dalam pelaksanaannya
masing-masing fungsi, mempnyai keterkaitan satu sama lain. Menejemen
keuangan adalah menejemen terhadap fungsi-fungsi keuangan. Sedangkan
fungsi keuangan adalah kegiatan uatama yang harus dilakukan oleh mereka
yang bertanggung jawab dalam bidang tertentu. Fungsi menejemen keuangan
adalah menggunakan dana dan menempatkan dana.
Manajemen keuangan (financial management) adalah segala aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana perusahaan memperoleh dana, menggunakan dana dan mengelola asset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.
Manajemen keuangan berhubungan dengan 3 aktivitas, yaitu:
- Aktivitas penggunaan dana, yaitu aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
- Aktivitas perolehan dana, yaitu aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan.
- Aktivitas pengelolaan aktiva, yaitu setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva, dana harus dikelola seefisien mungkin.
Manajemen keuangan adalah segala aktivitas dengan
perolehan,pendanaan dan pengelolaan aktiva dengan beberapa tujuan
menyeluruh. Oleh karena itu, fungsi pembuatan keputusan dari manajemen
keuangan dapat dibagi menjadi tiga area utama: keputusan sehubungan
investasi, pendanaan, dan manajemen aktiva.
Tujuan Manajemen Keuangan
Tujuan Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan
nilai perusahaan. Dengan demikian apabila suatu saat perusahaan dijual,
maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin. Seorang manajer juga
harus mampu menekan arus peredaran uang agar terhindar dari tindakan
yang tidak diinginkan. Manajemen keuangan yang efisien mebutuhkan adanya
tujuan dan sasaran, yang digunakan sebagai standar dalam memberikan
penilaian keefisienan keputusan keuangan. Tujuan perusahaan adalah
maksimalisasi kesejahteraan pemilik perusahaan. Banyaknya saham yang
dimiliki menunjukan bukti kepemilikan dalam perusahaan. Kesejahteraan
pemegang saham ditunjukan melalui harga pasar perusahaan, yang juga
merupakan refleksi dari keputusan investasi, pendanaan dan aktiva
manajemen. kesuksesan keputusan suatu bisnis dinilai berdasarkan dampak
yang ditimbulkan terhadap harga saham.
Manajemen keuangan adalah menejemen terhadap fungsi-fungsi keuangan.Sedangkan fungsi keuangan adalah kegiatan utama yang harus dilakukan oleh mereka yang bertanggung jawab dalam bidang tertentu. Fungsi menejemen keuangan adalah menggunakan dana dan menempatkan dana.
Manajemen dalam bisnis perusahaan terdiri dari beberapa individu yang di kelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu :
- Kelompok manajemen tingkat pelaksana ( operational menegement ), meliputi para suvervisor.
- Kelompok manajemen menengah meliputi kepala department, manajer devisi, dan manager cabang.
- Manajemen eksekutif atau disebut juga manajemen puncak eksekutif sebagai penanggung jawab dari fungsi-fungsi : pemasaran, pembelanjaan, produksi, pambiyaan, dan akutansi. Manajemen eksekutif secara prinsipil berkenaan dengan pembuatan keputusan jangka panjang, manajeman menengah berkaitan dengan keputusan jangka menengah, dan manajemen operasional berkaitan dengan keputusan jangka pendek.
Konsep Manajemen dapat digambarkan dalam kalimat seperti “ membuat keputusan, memberi perintah, menetapkan kebijakan, menyeediakan pekerjaan dan system reward ( imbalan ) dan mempekerjakan oaring untuk melaksanakan kebijakan”. Manajemen menetapkan tujuan yang akan dicapai dengan mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan dengan kecakapan dan pengalaman personil. Supaya berhasil, manajemen harus melaksanakan secara efektif fungsi-fungsi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.Perencanaan dan pengorganisasian fungsi utama manajemen manajemen eksekutif, sedangkan pengawasan merupakan fungsi operasioanal.Pelaksanaan ketiga fungsi uatama tadi perlu keterlibatan dari tiap tingkatan manajemen.
Tahapan dalam Manajemen Keuangan
Manajemen memiliki tiga tahapan penting yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap penelitian, ketiga tahap tadi
apabila diterapkandalam manajemen keuangan adalah menjadi tahap
perencanaan keuangan dan tahap pelaksanaan dan tahap penilaian.
- Tahap Perencanaan (Peramalan keuangan)
Peramalan keuangan dalam manajemen keuangan digunakan
untuk memperkirakan kebutuhan keuangan dimasa yang akan datang. Jika
manajemen keuangan tidak mencoba untuk mengantisipasi kebutuhan
pembiayaan masa depan perusahaannya, maka krisis akan terjadi setiap
kali penerimaan kas lebih kecil dari pengeluaran kas.perencanaan yang
baik ditujukan untuk mengantisipasi dan mempersiapkan perusahaan untuk
menghadapi kondisi masa depan,dimana, ketika perusahaan harus
membutuhkan adanya pembiayaan tambahan, dan juga ketika perusahaan tidak
mampu menghasilkan pemasukan kas.
- Tahap Pelaksanaan (Perencaaan keuangan dan penganggaran)
Untuk memperoleh suatu perkiraan lebih akurat
mengenai jumlah dan waktu dari kebutuhan dana perusahaan memerlukan
suatu anggaran kas. Metode persentase untuk peramalan keuangan,
memberikan pendahuluan yang sangat bermanfaat serta biaya rendah untuk
mengembangkan anggaran kas yang lebih terperinci, yang akan digunakan
untuk memperkirakan kebutuhan dana perusahaan.
- Tahap Penelitian (Fungsi anggaran)
Anggaran disamping sebagai alat untuk perencanaan dan
pengendalian manajemen, juga merupakan alat bantu bagi manajemen dalam
mengarah kan suatuorganisasi dalam posisi yang kuat atau lemah, (Nanang
Fatth, 2000: 49 ). Sementara beberapa fungsi anggaran dalam manajemen
organisasi sektor publik menurut Deddy Nordiawan ( 2006 : 48-49 ) adalah
sebagai berikut :
- Anggara sebagai alat perencanaan. Dengan fungsi ini organisasi tahu apa yang harus dilakukan dan kearah mana kebijakan dibuat.
- Anggaran sebagai alat pengendalian. Dengan adanya anggaran organisasi sektor publik dapat menghindari adanya pengeluaran yang terlalu besar ( overspending ) atau adanya pengeluaran dana yang tidak semestinya ( misspending ).
- Anggaran sebagai alat kebijakan. Dengan adanya anggaran organisasi sektor publik dapat menentukan arah atas kebijakan tertentu.
- Anggaran sebagai alat politik. Dengan adanya anggaran dapat dilihat komitmen pengelola dalam melaksanakan program-program yang telah dijanjikan.
- Anggaran sebagai alat koordinasi dan komunikasiDengan dokumen anggaran yang komprehensif sebuah bagian atau unit kerja atau departemen dapat diketahui apa yang harus dilakukan dan apa yang akan dilukukan oleh masing-masing bagian atau unit kerja lainnya.
- Anggaran sebagai alat penilaian kerja. Anggaran adalah suatu ukuran yang bisa menjadi patokan apakah suatu bagian / unit kerja telah memenuhi target baik berupa terlaksananya aktivitas maupun terpenuhinya efesiensi biaya
- Anggaran sebagai alat motifasi. Anggaran dapat digunakan sebagai alat komunikasi dengan menjadikan nilai-nilai nominal yang tercantum sebagai target pencapaian. Denga catatan anggaran akan menjadi alat motivasi yang baik jika memenuhi sifat menangtang tetapi masih bisa dicapai. Maksudnya adalah suatu itu hendaknya jangan terlalu tinggi sehingga tidak dapat dipenuhi juga jangan terlalu rendah sehingga mudah dicapai.
Prinsip – prinsip dan prosedur anggaran
Prinsip-prinsip penyusun anggaran apabila dikaitkan
denga anggaran sebagai alat perencanan dan pengendalian menurut Nanang
Fattah ( 200: 49 ) adalah sebagai berikut :
- Adanya pembagian wewenang dan tanggung jawab yang jelas dalam sistem manajemen organisasi.
- Adanya sistem akutansi yang memadai dalam melaksanakan anggaran.
- Adanya penelitian dan analisis untuk menilai kinerja organisasi.
- Adanya dukungan dari pelaksana dari tingkat atas hingga yang paling bawah.
Bentuk-Bentuk Anggaran
- Anggaran Butir-Per-Butir (line item budget)
Anggaran butir per butir merupakan bentuk anggaran
yang konvensional, namun paling simpel dan banyak digunakan. Dalam
bentuk ini, setiap pengeluaran dikelompokksn berdasarkan
kategori-kategori atau jenis butir, misalnya gaji, upah, honor menjadi
satu kategori atau satu nomor atau butir sedangkan perlengkapan, sarana,
material dalam butir tersendiri.
Kelebihan : Lebih simpel dan mudah dalam pengawasan pengeluaran biaya.
Kelemahan :
- Tidak membantu dalam pengambilan keputusan seperti mengevaluasi harga dalam hubungannya dengan pencapaian suatu program.
- Tidak akan dapat menunjukkan hubungan antara masukan program dan keluaran.
- Tidak biisa menganalisis untung rugi.
- Lebih mengarah pada pembukuan dan tidak terhadap tujuan suatu program
- Anggaran Butir Program (Program Budget System)
Bentuk anggaran dirancang untuk mengidentifikasibiaya
setiap program.Anggaran program dihitung berdasarkan jenis
program.Sebagai contoh bahan perbandingan kalau dalan anggaran butir per
butir disebut gaji guru, sedangkan dalam progran disebut gaji untuk
perencanaan pengajaran.Adapun keuntungan bentuk anggaran program antara
lain:
- Mengoganisasikan sejumlah besar pengeluaran menjadi rencana yang logis dan konkrit.
- Merangsang perencanaan tahunan dan reevaluasi periodik dari pelaksanaan rencana.
- Menghindari sentralisasi berlebihan, dimana keputusan menumpuk ditingkat atas.
- Anggaran Berdasarkan Kinerja
Bentuk ini sesuai namanya menekankan pada kinerja dan
bukan keterperincian dari suatu alokasi anggaran.Pekerjaan dalam suatu
program di pecah dalam bentuk beban kerja dan unit hasil yang dapat
diukur. Hasil pengukurannya dipergunakan untuk menghitung masukan dana
dan tenaga yang dapat dipergunakan untuk mencapai tujuan suatu program.
Anggaran berdasarkan hasil ini merupakan alat menajemen yang dapat
mengidentifikasi secara jelas satuan dari hasil suatu program dan
sekaligus merinci butir perbutir dari kegiatan yang harus dibayar.
Fungsi Manajemen Keuangan
a. Keputusan Investasi (Investment Decision)
Investasi diartikan sebagai penanaman modal
perusahaan pada aktiva riil maupun aktiva finansial. keputusan finansial
merupakan keputusan terhadap aktiva apa yang akan dikelola oleh
perusahaan. Keputusan Investasi akan berpengaruh langsung terhadap
besarnya rentabilitas investasi (return on investment) dan aliran kas
perusahaan pada masa yang akan datang.
b. Fungsi Pendanaan (Financing Decision)
Keputusan pendanaan mempelajari sumber- sumber dana
yang berada di sisi pasiva. Untuk itu perlu diperhatikan sumber dana
yang biayanya paling minimal dan syarat- syarat yang menguntungkan.
Pemenuhan dana dapat dilakukan melalui sumber intern dan sumber ekstern
perusahaan.
c. Keputusan Deviden (Dividend Decision)
Keputusan ini dilakukan untuk menentukan :
- Besarnya persentase laba yang dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk cash dividen,
- Stabilitas dividen yang akan dibagikan,
- Dividen saham (stock dividend),
- Pemecahan saham (stock split), dan
- Penarikan kembali saham yang beredar.
Berikut ini adalah penjelasan singkat dari fungsi Manajemen Keuangan:
- Perencanaan Keuangan, membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu.
- Penganggaran Keuangan, tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.
- Pengelolaan Keuangan, menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.
- Pencarian Keuangan, mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.
- Penyimpanan Keuangan, mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dan mengamankan dana tersebut.
- Pengendalian Keuangan, melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada perusahaan.
- Pemeriksaan Keuangan, melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.
- Pelaporan keuangan, penyediaan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan sekaligus sebagai bahan evaluasi.
Bila dikaitkan dengan tujuan ini, maka fungsi manajer keuangan meliputi hal-hal sebagai berikut:
- Melakukan pengawasan atas biaya
- Menetapkan kebijaksanaan harga
- Meramalkan laba yang akan datang
- Mengukur atau menjajaki biaya modal kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar